macam macam modem

1.  Modem ISDN
(Integrated Service Digital Network)
Keterangan :
Integrated Services Digital Network (ISDN) adalah jenis circuit switched telepon sistem jaringan, yang dirancang untuk memungkinkan digital (sebagai lawan dari analog ) transmisi suara dan data melalui kabel tembaga telepon biasa, menghasilkan kualitas yang lebih baik dan kecepatan yang lebih tinggi, daripada yang tersedia dengan analog sistem. More broadly, ISDN is a set of protocols for establishing and breaking circuit switched connections, and for advanced call features for the end user. Secara lebih luas, ISDN adalah seperangkat protokol untuk membuat dan melanggar diaktifkan koneksi sirkuit, dan untuk fitur panggilan lanjutan bagi pengguna akhir
 ISDN muncul menjadi sebuah sarana telekomunikasi di tengah masyarakat akibat adanya pertumbuhan permintaan dalam hal komunikasi suara, data, dan gambar, namun dengan biaya yang rendah dan fleksibilitas yang tinggi. Disamping itu, perkembangan perangkat terminal CTE memberikan kebebasan kepada pelanggan dalam memilih alat komunikasi yang berstandarkan ISDN.
MODEL JARINGAN ISDN:
Model Konvensional. Pada masa ini, masing-masing sistem jaringan terpisah. Model awal ISDN. Pada masa ini, masing-masing jaringan merupakan subnetwork dari ISDN yang dilengkapi dengan sebuah set saluran dan protokol untuk mengakses ke jaringan. Pengguna terdaftar sebangai pelanggan satu jaringan dengan tetap meminta layanan yang berbeda ke sistem yang juga masih berbeda-beda, tetapi telah menggunakan akses yang sama. Hanya sistemnya saja yang masih berbeda. Model jaringan ISDN penuh. Pengguna bisa mengakses ke satu jaringan lewat satu jalur akses yang sama. Sebab sistem ISDN menyediakan dan telah dapat melayani segala jenis pelayanan yang berbeda-beda.
Kelebihan ISDN
ISDN menawarkan kecepatan dan kualitas tinggi dalam pengiriman data, bahkan 10 kali lebih cepat disbanding PSTN, Efisien. Dalam satu saluran saja dapat mengirim berbagai jenis layanan (gambar, suara, video) sehingga efisien dalam pemanfaatan waktu, Fleksibel. Single interface untuk terminal bervariasi Hemat biaya. Karena membutuhan satu terminal tunggal untuk audio dan video.
2.   Modem GSM
(Global System for Mobile telecommunication)
Keterangan :
Modem GSM merupakan jenis modem dengan sistem komunikasi internet melalui jalur komunikasi GSM(Global Systewm for Mobile Communication). Modem GSM dapat digunakan untuk seluruh kartu koneksi dari provider apapun asalkan GSM seperti kartu telekomunikasi dari PT Telkomsel, XL Axiata, Axis, dan Indosat.
Modem GSM ini berbentuk seperti USB yang sangat mobile dan dapat digunakan di mana saja dan kapan saja. Modem GSM tidak memerlukan kabel sedikit pun dalam penggunaannya. Modem GSM (global system for mobile communication) bergerak di frekuensi 800-900 Mhz. Teknologi GSM memungkinkan jalur 2G, 3G, HSDPA, dan HSPA (jenis ini menentukan kecepatan transfer data).
Operator penyedia layanan GSM menyediakan sistem Kuota ketika menggunakan Modem GSM, sehingga menggunakan modem jenis ini pada awalnya kita akan mendapatkan kecepatan akses internet yang sangat cepat, tetapi ketika  jatah kuota internetnya telah habis maka Kecepatan internet juga akan di turunkan. Modem GSM bekerja maksimal pada jaringan 3 G, sehingga wilayah yang belum support 3 G tidak akan mendapatkan akses internet yang bagus.
Kelebihan modem GSM :
«  Modem GSM memiliki Jangkauan jaringan yang sangat luas
«  Hampir di semua perkotaan besar sudah mendapatkan jaringan 3G atau HSDPA atau HSUPA
«  Harga modem GSM yang sudah 3G relatif murah.
Kekurangan :
«  Jalur akses data dan jalur cellular tidak terpisah, sehingga konektivitas kurang stabi
«  Harga langganan perbulan relatif masih mahal

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar